Cyberprotol Indonesia

Pusat informasi dunia cyber dan teknologi
Follow Me

CRUD Data Mahasiswa | java



By  Firman Arifin     6/28/2012 01:16:00 PM    Labels: 
    pada artikel saya kali ini, saya membuat sample program dari java, sebelum saya menerangkannya saya pengen  berbicara sedikit tentang istilah CRUD yang saya gunakan.
    istilah CRUD merupakan singkatan dari Create, Read, Update and Delete adalah empat fungsi dasar penyimpanan persisten . Kadang-kadang CRUD diperluas dengan kata-kata mengambil, bukan membaca, memodifikasi, bukan update atau menghancurkan, bukan menghapus. Hal ini juga kadang digunakan untuk menggambarkan antarmuka pengguna konvensi yang memfasilitasi melihat, mencari, dan mengubah informasi , sering menggunakan komputer berbasis bentuk dan laporan . Istilah ini mungkin pertama kali dipopulerkan oleh James Martin pada tahun 1983 bukunya Mengelola Data Lingkungan-basa . akronim ini dapat diperluas dengan CRUDL untuk menutupi daftar kumpulan data besar yang membawa kompleksitas tambahan seperti pagination ketika data set terlalu besar untuk memegang dengan mudah dalam memori.

Singkatan CRUD mengacu pada semua fungsi utama yang diimplementasikan dalam database relasional aplikasi . Setiap huruf dalam akronim dapat memetakan ke standar SQL pernyataan dan HTTP metode:

OperasiSQLHTTP
MembuatINSERTPOST
Baca (Ambil)PILIHGET
Update (Modify)UPDATEPUT / PATCH / MERGE
Hapus (Hancurkan)DELETEDELETE
Antarmuka pengguna

CRUD juga relevan di tingkat antarmuka pengguna sebagian besar aplikasi. Misalnya, dalam buku alamat perangkat lunak, unit penyimpanan dasar adalah perorangan kontak masuk. Sebagai minimal, perangkat lunak harus memungkinkan pengguna untuk:
- Membuat atau menambah entri baru
- Baca, mengambil, mencari, atau melihat entri yang ada
- Memperbarui atau mengedit entri yang sudah ada
- Menghapus / menonaktifkan entri yang sudah ada

Tanpa setidaknya empat operasi, perangkat lunak tidak dapat dianggap lengkap. Karena operasi ini sangat mendasar, mereka sering didokumentasikan dan dijelaskan di bawah satu judul yang komprehensif, seperti "manajemen kontak", "manajemen konten" atau "pemeliharaan kontak" (atau "manajemen dokumen" secara umum, tergantung pada unit penyimpanan dasar untuk aplikasi tertentu)

Hehehe..... ok sekarang kita keinti pembicaraan, aplikasi yang saya buat ini tidak jauh melenceng dari implimentasi penggunaan CRUD dalam database, dan disini saya menggunakan full coding, dalam artian tidak menggunakan pallete yang berhubungan dengan database, kenapa ?? karena apabila kita menggunakan pallete untuk menghubungkan ke database maka kita harus melakukan pengaturan koneksi dari awal lagi, apabila source program yang kita buat di jalankan di pc lain, langsung aja deh liat screen shootnya hehehe....

nih screenshoot form khs, nih perfungsi untuk melihat nilai mahasiswa yang telah terdata dalam database sesuai stambuk yang di tentukan
 nih screenshoot form menambah, menghapus, mengedit, mengupdate data mahasiswa sesuai stambuk yang di tentukan lengkap dengan fotonya hehehehe.....
 nih screenshoot form menambah, mengedit, menghapus, mengupdate  mata kuliah sesuai kode mata kuliah yang di tentukan
 nih screen shoot form menentukan nilai hasil khs mahasiswa sesuai stambuk mahasiswa dan nilai yang di peroleh

hehehe.... gak terasa dah pagi, saya pending dulu ya artikelnya dah ngantuk nih .... diartikel berikutnya saya akan menampilkan source code yang saya gunakan lengkap dengan library dan database yang dibuat, terima kasih telah berkunjung, untuk source code mengenai program diatas selahkan klik disini (source code)

About Firman Arifin

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

7 comments:

  1. kk @dhedy_destgo sabar ya... ntar saya jelasin source code yang saya gunakan di artikel berikutnya, terima kasih telah berkunjung

    ReplyDelete
  2. Silahkan di downloa file sourcenya
    http://cyberprotol.blogspot.com/2012/07/source-code-data-mahasiswa-java.html

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar sobat, komentar sobat sangat berarti buat saya


Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Translate